SEKILAS INFO
: - Sabtu, 17-11-2018
  • 1 minggu yang lalu / Orasi para calon ketua OSIS SMA Negeri 1 Ungaran 2018 pada hari Kamis, 8 Nov 2018 *** 1. Fathan Oktano (XI MIPA ) – Rahma Nabiila (XI MIPA 7) *** 2. Ichtiar Adhi (XI IPS 1) – Nirsya Eda ( XI MIPA 6) *** 3. Azzahra Aulia (XI MIPA 5) – Hanuga Fathur (XI MIPA...
Belajar Vocabulary Dan Grammar Melalui Caption Instagram

Di era globalisasi seperti sekarang ini media sosial seperti facebook, twitter, whatsap, line, kakaotalk dan instagram, tidak dapat di pungkiri lagi telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Keberadaan media sosial seperti tersebut di atas, yang sangat akrab dengan kehidupan kita tersebut terutama kehidupan remaja dapat dimanfaat kan sebaik mungkin sebagai media pembelajaran. Media pembelajaran tidak hanya apat di akses dari buku cetak ataupun internet, namun bagaimana kita menggunakan media sosial yang sedang kekinian di kalangan siswa tidak hanya sebagai media berekspresi agar tetap eksis namun juga dapat digunakan sebagai media yang mendukung mereka dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Kita ambil salah satunya yaitu Instagram, siapa yang tidak kenal atau tidak mempunyai akun instagram saat ini. Bahkam hampir 90% dari siswa yang ditanya pernah meng-upload foto, gambar ataupun video di akun instagram mereka.

Mengapa yang kita ambil sebagai contoh adalah instagram? Instagram adalah salah satu media sosial yang penggunaanya adalah untuk berbagi foto, gambar dan video. Dan salah satu materi bagi kelas XII pada mata pelajaran Bahasa Inggris adalah “Caption”, ketika kita mengupload foto, gambar ataupun video di akun instagram kita tentu saja akan ada caption atau kalimat yang menerangkan foto, gambar  atau video tersebut. Namun tak jarang kita menemukan kalimat “no caption” pada bagian caption, mengapa hal ini terjadi, salah satunya adalah betapa menyusun kalimat adalah hal yang tidak mudah, apalagi jika itu dalam Bahasa Inggris. Kendala yang dialami hampir oleh sebagian besar siswa ketika mereka diminta untuk menyusun kalimat dalam Bahasa Inggris adalah kosa kata (vocabulary) dan tata bahasa (grammar).

Selama ini materi caption dianggap sebagai materi sederhana dan tidak begitu penting dan tidak menarik, karena proses pembelajarannya hanya dilakukan didalam kelas saja dengan metode ataupun media yang kurang mengena bagi siswa. Disinilah penggunaan instagram akan menjadi daya tarik bagi siswa dalam belajar materi caption terutama dalam menyusun kalimat dengan menggunakan kosa kata yang tepat dan tata bahasa yang benar. Instagram juga mudah digunakan dan bagi siswa yang mungkin belum memiliki akun dapat dengan mudah membuat akun baru pada intinya media sosial ini mudah untuk di akses dan digunakan sehingga semua siswa dapat berperan aktif secara individual.

Kita kembali lagi pada pertanyaan mengapa instagram? Salah satu daya tarik dari instagram ini adalah siswa dapat memilih foto, gambar atau video yang akan mereka upload di akun mereka yang menurut mereka menarik, layak dan akan disukai oleh banyak viewers. Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam menumbuhkan rasa ketertarikan siswa dalam menggunakan media instagram. Akan menjadi lebih menarik bagi siswa jika guru memberikan contoh nyata  penggunaan caption dengan kosa kata dan tata bahasa yang sesuai kaidah bahasa Inggris yang menyertai foto, gambar ataupun video yang diupload di akun milik guru tersebut. Siswa dapat diminta untuk menanggapi caption yang ada pada kolom komentar dengan kalimat sederhana sebagai jejak catatan guru bahwa siswa telah memahami isi dari caption, sekali lagi ditegaskan tentu saja komentar yang mereka tinggalkan adalah dalam bahasa Inggris.

Dan yang kedua adalah siswa diminta untuk memposting atau mengupload foto, gambar atau video mereka sendiri, siswa akan tertantang untuk mendapatkan “like” terbanyak ataupun feedback dari viewers instagram mereka. Kedua hal tersebut dapat memotivasi siswa untuk membuat caption yang menarik pula dan tentu saja karena apa yang mereka tulis dalam caption nantinya akan bisa dilihat oleh umum maka sudah dapat dipastikan siswa juga akan berusaha memilih kosa kata yang tepat dan menggunakan tata bahasa yang benar. Peran langsung guru sebagai pembimbing dan nara sumber yang selalu siap dengan jawaban ataupun solusi bagi permasalahan yang dihadapi siswa sangatlah penting.

Pada dasarnya materi caption yang selama ini dianggap sulit karena harus berhadapan dengan kemapuan menulis dan siswa dituntut untuk menguasai kosa kata dan tata bahasa yang baik dan benar dapat dilakukan dengan menggunakan media dan metode yang menarik bagi siswa, terutama dengan memilih media yang kekinian bagi mereka dan bagaimana menyesuaikan materi pembelajaran dengan dunia mereka saat ini menjadi kunci dari keberhasilan kita dalam mentransfer ilmu pada siswa.

Oleh : Lita Ekaningtyas Budi Nurini, S.Pd.

TINGGALKAN KOMENTAR