SEKILAS INFO
: - Sabtu, 17-11-2018
  • 1 minggu yang lalu / Orasi para calon ketua OSIS SMA Negeri 1 Ungaran 2018 pada hari Kamis, 8 Nov 2018 *** 1. Fathan Oktano (XI MIPA ) – Rahma Nabiila (XI MIPA 7) *** 2. Ichtiar Adhi (XI IPS 1) – Nirsya Eda ( XI MIPA 6) *** 3. Azzahra Aulia (XI MIPA 5) – Hanuga Fathur (XI MIPA...
Mencetak Wirausaha Muda Yang Tangguh

Banyak usaha baru yang bermuncukan, namun umurnya tidak berlangsung lama. Satu usaha baru yang muncul dan tampak laris biasanya cenderung akan ditiru oleh wirausaha-wirausaha yang lain untuk membuat usaha yang sejenis. Tentu saja kondisi ini menyebabkan persaingan usaha semakin ketat. Wirausaha yang sekedar menjalankan kegiatan usaha tanpa kreatifitas dan inovasi, lama kelamaan akan menjadi sepi dan bahkan satu persatu mulai berguguran. Mengapa wirausaha yang minim kreatifitas dan inovasi tidak mampu berkembang dan bahkan mati ?

Memulai sebuah kegiatan usaha baru tidak sekedar membuka lapak, memiliki barang atau jasa, lalu menjual kepada konsumen. Sebuah usaha yang baik sesungguhnya harus dipersiapkan secara matang dan membutuhkan perencanaan usaha yang terstruktur dan rapi. Bahkan dalam dunia usaha yang sesungguhnya ada sebuah kajian yang lazim dilakukan terlebih dahulu untuk menganalisa apakah sebuah usaha memiliki peluang yang besar dan layak untuk direalisasikan atau tidak.

Salah satu analisa usaha yang dapat dipakai adalah Analisa SWOT.  Dikalangan peserta didik diketahui masih kesulitan untuk mengaplikasikan cara pembuatan Analisa SWOT. Untuk memudahkan pemahaman terhadap Analisa SWOT maka dapat dilakukan dengan cara membuat istilah baru yang dapat dipahami oleh peserta didik dengan mudah. Analisa SWOT adalah sebuah kajian terhadap kondisi lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisa SWOT ini memiliki 4 variabel yang harus dikaji yaitu Strenght (kekuatan), Weakness (kelemahan), Opportunitiy (peluang) dan Threat (ancaman) sehingga kemudian lazim disingkat menjadi SWOT. Untuk memudahkan pemahaman dalam pembuatan Analisa SWOT maka kata SWOT dapat dialih bahasakan menjadi sebuah akronim yang mudah diingat yaitu menjadi Analisa KEKEPAN atau kepanjangan dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Diharapkan melalui singkatan tersebut akan memudahkan peserta didik untuk memahami apa itu Analisa SWOT.

Lalu bagaimanakah penjelasannya bahwa Analisa KEKEPAN ini mampu mencetak wirausaha muda yang tangguh ?

Sebuah kegiatan usaha yang dipilih dan dijalankan oleh seorang wirausaha (entrepreneur) memiliki tujuan tidak lain yaitu produk yang dijual benar-benar disukai oleh konsumen, harapannya konsumen menjadi puas, dan akhirnya akan didapatkan konsumen yang setia. Bagi wirausaha, tujuan akhir yang hendak dicapai tentu saja untuk mendapat keuntungan secara ekonomi sebanyak-banyaknya. Apabila tujuan tersebut dapat tercapai maka sudah pasti usaha yang dirintis akan mampu bertahan lama bahkan dapat berkembang menjadi lebih besar. Untuk mewujudkan tujuan tersebut diatas maka seorang wirausaha dapat menggunakan Analisa KEKEPAN untuk membantu mewujudkan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Kekuatan, keberhasilan seorang wirausaha dalam menjalankan bisnisnya dapat dilihat dari tingginya omset usaha yang berhasil dikumpulkan. Tentu saja omset ini dipengaruhi oleh keunggulan yang dimiliki oleh sebuah produk. Kalau produk tidak banyak memiliki keunggulan maka dapat diperkiraan omsetnya akan stagnan, bahkan cenderung semakin berkurang. Inilah kekuatan yang sebenarnya dari sebuah usaha, yaitu menciptakan produk yang unggul dibanding dengan produk-produk pesaing serta memberikan pelayanan prima kepada para konsumen.

Kelemahan, tiada usaha yang sempurna. Artinya walaupun masih memiliki kelemahan pada produk yang dijual ataupun pelayanan kepada konsumen, justru ini harus menjadi motivasi bagi seorang wirausaha untuk memperbaiki produk yang dijual dan pelayanan kepada konsumen dengan cara mengurangi kelemahan-kelemahan yang ada.

Peluang, seorang wirausaha harus cermat dan kritis mensikapi perubahan-perubahan positif yang terjadi di luar lingkungan perusahaan. Apabila kondisinya bagus maka seorang wirausaha dapat mengelola kondisi tersebut dan menjadikannya sebagai peluang untuk memperkuat usaha yang telah dijalankan.

Ancaman, tidak hanya kondisi yang baik saja, seorang wirausaha juga harus siap menghadapi dan menangkal perubahan-perubahan negatif yang terjadi di luar perusahaan. Berbagai kondisi yang dapat mengancam kelangsungan usaha, khususnya keberadaan para pesaing yang akan menawarkan produk baru yang lebih baik. Tentu saja ancaman ini dapat disikapi dengan meningkatkan pelayanan kepada konsumen sekaligus diikuti dengan perbaikan kualitas produk yang dijual.

Jadi, melalui Analisa KEKEPAN ini diharapkan para calon wirausaha muda menjadi lebih yakin dan berani untuk memulai bisni baru serta memiliki karakter wirausaha yang tangguh dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan bisnis kedepannya.

Penulis : Redi Hendriyatno, S.Kom
Guru Prakarya & Kewirausahaan SMA Negeri 1 Ungaran

TINGGALKAN KOMENTAR