SEKILAS INFO
: - Kamis, 21-11-2019
  • 7 bulan yang lalu / Selamat menempuh Ujian Nasional Berbasis Komputer dari tanggal 1 s/d 8 April 2019 bagi peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Ungaran, semoga diberi kemudahan, kelancaran dan hasil yang terbaik.
Kemah Raya 2019

Salam Pramuka!

Kembali lagi dengan Ambalan Diponegoro-Cut Nyak Dien, kali ini tentang Kemah Raya 2019. Kemah Raya Pendadaran Penegak Tamu ke Penegak Calon Tahun 2019 merupakan salah satu event tahunan dari kami dan juga event terbesar yang kami laksanakan pada bulan oktober 2019. Event ini berlangsung selama empat hari, mulai dari tanggal 21 Oktober 2019 hingga 25 Oktober 2019. Kemah Raya diikuti oleh seluruh siswa kelas sepuluh tahun ajaran 2019/2020 yang bertujuan untuk membentuk karakter Pramuka Penegak agar memiliki peningkatan dalam ketrampilan dan kemampuan untuk ikut serta membangun masyarakat, bangsa, dan negara, sehingga dapat mencapai tujuan luhur Gerakan Pramuka.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan di Barak TNI-AD Bantir, Kec.Sumowono, Kab.Semarang. Kemah Raya tahun ini diketuai oleh Nathanael Verat Anthoni Telussa. Jumlah siswa yang mengikuti Kemah Raya Tahun 2019 ini sebanyak 392 siswa. Siswa kelas sepuluh berangkat pada tanggal 21 Oktober 2019, sekitar Pukul 08.00 pagi menggunakan angkutan yang telah disediakan oleh panitia. Sebelumnya telah ada upacara pelepasan di SMAN 1 Ungaran dengan pembina upacara Bapak Supriyanto, Kepala SMAN 1 Ungaran. Setelah tiba di Bantir, peserta langsung dipandu untuk melaksanakan rangkaian kegiatan seperti yang telah diberitahukan sebelumnya.

Kegiatan dimulai dengan upacara pembukaan secara simbolis oleh pembina pramuka, kemudian berlanjut dengan penampilan inagurasi setiap kelas. Setelah itu, peserta dipersilahkan untuk menata barang bawaannya dan bersiap untuk makan siang bersama TNI dan dilanjutkan dengan sesi-sesi berikutnya.

Pada hari kedua dimulai dengan senam pagi bersama TNI dan inagurasi kelas. Kemudian ada hasta karya dan halang rintang. Kegiatan halang rintang dimulai setelah ishoma dzuhur yang dilakukan di lapangan bawah. Pada hari yang sama, orang tua diperbolehkan untuk menengok putra/putrinya. Esok paginya, hari Rabu 23 Oktober 2019 merupakan puncak dari kegiatan Kemah Raya 2019. Hari diawali dengan makan pagi kemudian dilanjutkan dengan kegiatan wide game atau bisa disebut jelajah alam. Jelajah alam diselingi dengan berbagai macam permainan-permainan seru yang mengandung pelajaran yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti kerjasama tim dan gotongroyong. Malam harinya diisi dengan upacara api unggun dan penampilan organisasi-organisasi dari SMAN 1 Ungaran.

Upacara api unggun merupakan puncak dari Kemah Raya dan esoknya kegiatan ditutup dengan upacara penutupan dan pelantikan Penegak Tamu ke Penegak Calon secara simbolis. Selanjutnya peserta diarahkan untuk persiapan kembali ke sekolah.

 

TINGGALKAN KOMENTAR