SEKILAS INFO
: - Sabtu, 17-11-2018
  • 1 minggu yang lalu / Orasi para calon ketua OSIS SMA Negeri 1 Ungaran 2018 pada hari Kamis, 8 Nov 2018 *** 1. Fathan Oktano (XI MIPA ) – Rahma Nabiila (XI MIPA 7) *** 2. Ichtiar Adhi (XI IPS 1) – Nirsya Eda ( XI MIPA 6) *** 3. Azzahra Aulia (XI MIPA 5) – Hanuga Fathur (XI MIPA...
Kembangkan Karakter Lewat Literasi

SMA Negeri 1 Ungaran turut meramaikan pameran literasi dan budaya Kabupaten Semarang yang digelar di Stadion Wujil tepatnya di Gor Tenis Indoor, Selasa hingga Kamis (2 s.d 4/10/2018). Kegiatan tahunan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang ini merupakan wujud menyukseskan Gerakan Literasi Nasional.

 Stan SMA 1 Ungaran kali ini tampak berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tidak hanya dengan hiasan yang beragam saja, kali ini SMA Negeri 1 Ungaran mengusung tema “Kembangkan Karakter Lewat Literasi”.

Selain menampilkan hasil karya guru dan siswa berupa buku-buku, SMA 1 Ungaran juga melibatkan kreativitas murid, yakni dengan menampilkan berbagai pertunjukan di panggung mini yang terdapat di depan stan SMA Negeri 1 Ungaran. Setiap hari perwakilan siswa SMA 1 Ungaran menyuguhkan penampilan berbeda, seperti pembacaan puisi, cerpen, dongeng, reportase lima bahasa, story telling, singing, hingga musikalisasi puisi. Semua penampilan siswa-siswi tersebut merupakan wujud pengembangan karakter melalui kegiatan literasi sebab literasi tidak sekadar membaca dan menulis, tetapi meliputi kegiatan menyimak dan berbicara.

Tidak hanya menyuguhkan berbagai pertunjukan, stan SMA 1 Ungaran juga menyuguhkan literasi menarik melalui kegiatan menulis huruf jepang. Setiap hari tampak anak sekolah berkerumun di stan SMA 1 Ungaran. Hal ini membuktikan bahwa SMA 1 Ungaran berhasil menyuguhkan kegiatan literasi yang menarik sekaligus menyenangkan, terbukti dari animo masyarakat yang tinggi untuk turut berpartisipasi dalam kegiatan literasi di stan SMA Negeri 1 Ungaran.

SMA Negeri 1 Ungaran juga menampilkan literasi digital. Literasi digital tersebut ditampilkan dalam sebuah televisi yang berisi video animasi tentang SMA Negeri 1 Ungaran secara geografis, historis, hingga hal-hal uniknya.

Selain itu, setiap harinya juga diselenggarakan kuis wawasan nusantara dan pembagian hadiah menarik serta beragam souvenir yang semakin menambah kemeriahan stan SMA 1 Ungaran. Tidak ketinggalan, ditengah-tengah kemeriahan stan literasi yang disuguhkan, SMA Negeri 1 Ungaran juga tetap memikirkan nasib saudara-saudara yang terkena musibah dengan menggelar aksi solidaritas penggalangan dana untuk korban bencana gempa dan tsunami di Palu-Sigi-Donggala, Sulawesi Tengah. Penggalangan dana dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang menjadi korban bencana alam di sana.

Saat hari terakhir pameran literasi dan budaya Kabupaten Semarang, SMA Negeri 1 Ungaran berhasil menyabet juara pertama sebagai stan SMA terbaik. Kegembiraan tampak jelas di warga SMA 1 Ungaran sebab jerih payah dibalas dengan hasil yang gemilang. SMA 1 Ungaran semakin berkomitmen tinggi untuk selalu menyukseskan gerakan literasi dan menebarkan ilmu untuk generasi penerus bangsa.

 

TINGGALKAN KOMENTAR