SEKILAS INFO
: - Sabtu, 17-11-2018
  • 1 minggu yang lalu / Orasi para calon ketua OSIS SMA Negeri 1 Ungaran 2018 pada hari Kamis, 8 Nov 2018 *** 1. Fathan Oktano (XI MIPA ) – Rahma Nabiila (XI MIPA 7) *** 2. Ichtiar Adhi (XI IPS 1) – Nirsya Eda ( XI MIPA 6) *** 3. Azzahra Aulia (XI MIPA 5) – Hanuga Fathur (XI MIPA...
PMR SMA Negeri 1 Ungaran Gelar Ditlaksar untuk Pemula

PMR SMAN1UNGARAN Sebanyak 62 siswa SMAN 1 Ungaran mengikuti kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Ditlaksar) Palang Merah Remaja (PMR) yang diadakan di aula sekolahan setempat. Kegiatan diadakan selama dua hari mulai Sabtu (7/10/2018) hingga Minggu (8/10/2018).

Perwakilan PMR SMAN 1 Ungaran Dhiya Malichatul A mengatakan, Ditlaksar kepalangmerahan diadakan rutin setiap tahun. Kegiatan tahun ini mengambil tema tema nusantara yakni Relawan Muda Pemersatu Bangsa dengan menghadirkan fasilitator PMI Kabupaten Semarang dan dibimbing guru pembina PMR dari SMAN 1 Ungaran, Dra Rahmawati, M.Pd.

“Sesuai dengan tema Ditlaksar materi yang diajarkan seputar pendidikan dasar kepalangmerahan. Kami sangat senang dan bangga dengan mengikuti kegiatan ini, karena selain mendapatkan pengetahuan kepalangmerahan juga dapat mendarmabaktikan tenaga dan jiwa kami untuk tujuan kemanusiaan dan sosial,” ujarnya kepada UngaranNews, Senin (9/10/2018).

Disebutkan Dhiya, materi yang diberikan selama dua hari, pada hari pertama diajarkan teori dan praktik dasar kepalangmerahan. Pada sesi ini pemateri diberikan oleh fasilitator PMI Kabupaten Semarang.

Dijabarkan Dhiya, matari awal diantaranya meliputi gerakan kepalangmerahan, pertolongan pertama, perawatan keluarga, dan donor darah sukarela. Selain itu diajarkan juga tes kemampuan dasar kepalangmerahan.

“Sedangkan pada hari kedua diisi kegiatan kepemimpinan, kerjasama, dan komunikasi. Sesi ini boleh dikata lebih banyak mengajarkan cara mempraktikkan dari materi yang sudah kita dapatkan pada hari pertama,” jelasnya.

Materi lain yang tak kalah penting bagi PMR pemula, lanjut Dhiya juga diberikan motivasi penggugah semangat peserta Ditlaksar yang diisi oleh kelas XII. Di akhir acara dilaksanakan upacara penutupan kegiatan, pelepasan cocard (tanda pengenal, red) dan pengukuhan anggota baru, serta penyematan tanda anggota berupa slayer dan Pin.

Dalam kesempatan ini peserta yang mengikuti Ditlaksar siswa kelas X, XI,dan XII yang tergabung dalam PMR Wira Ganesha Dwipa SMAN 1 Ungaran dengan melibatkan sebanyak 16 panitia dari PMR senior sekolahan setempat. (sumber https://ungarannews.com)

TINGGALKAN KOMENTAR