SEKILAS INFO
: - Kamis, 21-11-2019
  • 7 bulan yang lalu / Selamat menempuh Ujian Nasional Berbasis Komputer dari tanggal 1 s/d 8 April 2019 bagi peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Ungaran, semoga diberi kemudahan, kelancaran dan hasil yang terbaik.
Memperkuat Ukhuwah Islamiyah melalui Pelatihan Kurban

Memasuki bulan Dzulhijah, Hari Raya Idul Adha menjadi buah bibir di kalangan umat muslim di Indonesia, bahkan seluruh dunia. Idul Adha merupakan hari raya islam yang sangat identik dengan momen penyembelihan kurban seperti, kambing, domba atau sapi. Namun, seperti halnya sayur tanpa garam, hari istimewa tidaklah bermakna tanpa adanya perayaan. Semua kalangan turut memeriahkan hari raya ini dengan berbagai cara, sebagai bentuk pengamalan dan mencontoh suri tauladan Nabi Ibrahim A.S.
Tidak terkecuali SMA N 1 Ungaran. Segenap pengurus ROHIS At-tarbiyah kembali mengadakan Pelatihan kurban, untuk merayakan hari agung tersebut. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Latar belakang diadakannya pelatihan kurban juga tidak lepas dari perintah Nabi Muhammad SAW, untuk melaksanakan kurban jika mampu dan meneladani peristiwa Nabi Ibrahim A.S. Sehingga, dapat memperkenalkan kurban kepada siswa siswi di SMA N 1 Ungaran.
Tahun ini, kegiatan pelatihan kurban dilaksanakan pada hari Senin, 12 Agustus 2019 atau tepatnya tanggal 11 Dzulhijjah 1440 H. Tidak tanggung-tanggung, empat ekor sapi disembelih di area lapangan SMA N 1 Ungaran. Dengan bantuan jagal, seluruh panitia dan guru bahu –membahu menyukseskan kegiatan tersebut. Mulai dari pengeletan, pemotongan, hingga pendistribusian daging.
Banyak sekali kesan dan pesan yang dapat diambil dari kegiatan pelatihan kurban ini. Salah satunya memberikan kesempatan bagi semua kalangan untuk menyantap daging yang sangat sulit dijangkau oleh kalangan bawah. Sehigga kita harus senantiasa berbagi rezeki dan tolong menolong kepada sesama yang membutuhkan. Lalu, sebagai sekolah yang terdiri dari berbagai agama kegiatan pelatihan kurban di SMA N 1 Ungaran juga memberikan nilai toleransi, karena semua siswa siswi mendapat bagian daging perkelasnya tanpa memandang agama. Hal ini patut dijadikan kebiasaan sehari-hari untuk senantiasa menjaga persatuan dan keharmonisan serta untuk selalu menghargai keyakinan agama lain. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa kegiatan ini merupakan tali yang mengeratkan ukhuwah islamiyah maupun persaudaraan antar siswa siswi SMA 1 Ungaran.

TINGGALKAN KOMENTAR